Warung Sate Gebug , Kuliner Malang sejak 1920




Kalau berkunjung ke Malang , pasti identiknya kuliner bakso atau es cream di Oen ya. Padahal kalau bergeser sedikit ke utara, sampai PLN Kayutangan, ada warung sate yang sudah sejak 1920 berdiri , namanya Warung Sate Gebug.



Menu yang disajikan, sudah pasti sate dong ya , namun tidak seperti sate pada umumnya , yang dagingnya dipotong kecil-kecil kemudian dibakar dan disajikan dengan bawang dan kecap , isi seporsinya ada 10 tusuk . Kalau sate Gebug ini , per tusuk gitu dan satenya itu daging yang dipadatkan, sehingga lebih gendut dibandingkan sate pada umumnya . Disajikan dengan sop sayur atau soto , bisa sembari nyemil tempe atau mendol (olahan dari tempe dengan bumbu pedas yang juga digoreng) .


Dinamakan sate gebug karena, daging yang digunakan tuh digebukin (dipukul-pukul) dulu sampai empuk , kemudian diolah dengan resep yang konsisten dari tahun 1920 . Saat ini sudah generasi ke 3 loh, jadi sekitar 96 tahun gitu .  Buat yang memang asli Malang atau Jawa Timur, cita rasa sate ini khas sekali, menurutku. Berasa kaya masakan rumahan dan tidak terjadi pemberontakan sama sekali di lidah, hihihi ..


Kalau teman-teman pengen nyobain, warung sate gebug, pastikan perut dikosongkan dulu , dan boleh juga mengajak keluarga atau orang tersayang . Bisa juga jadi tempat tujuan saat ada rekan dari luar kota yang berminat mencoba kuliner khas Malang .

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 20.000,- untuk satu tusuk sate dan seharga Rp  25.000,- untuk sop atau soto , nasi Rp 5.000 dan Rp 4.000 untuk es jeruk atau es teh .

Jam operasional : sabtu - kamis dan libur di hari jumat . pukul 09.00 – 17.00
cp : Ibu Tjipto 082228444777
Ancer-ancer lokasi  : depan PLN Kayutangan , tepat di sebelah Mcd Kayutangan sebelum belokan .

4 komentar:

  1. wah, sederhana tapi menghanyutkan yak kuliner malang. unuk namanya sate gebug karena prosesnya di pukul-pukulin. hahaha :)

    BalasHapus
  2. cukup dua tusuk tapi kalau padet gitu, kenyang ya, puas rasa dagingnya :D

    BalasHapus
  3. Biasanya daging apa yang dijadikan sate gebug ?

    BalasHapus
  4. @i Jeverson : iyaa.. hahaha..
    @sari : iya, aku aja kekenyangan banget ..
    @izwar : sepertinya daging sapi deh ..

    BalasHapus