Mengunjungi Matantimali, Palu - Sulawesi Tengah



Kalo teman-teman sedang berada di Palu, Sulawesi Tengah , boleh lho mampir ke tempat ini , namanya Matantimali . Berada di area barat kota Palu, perjalanan menuju kesana bisa ditempuh melalui kendaraan roda dua atau mobil, cuma kalo mobil, memang sempit sih jalanannya jadi akan kesusahan kalau berpapasan . Dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.




Matantimali itu sejenis tempat di dataran tinggi yang datarannya melebihi awan, sehingga udaranya pun terasa lebih dingin . Dengan pemandangan bukit-bukit hijau dan tampak jauh ada bayangan ombak .

Yang asik dari tempat ini , yakni dari atas akan nampak kehidupan kota Palu, meski tidak terlihat secara detail sih. Sepanjang perjalanan , akan banyak menemui rumah-rumah kayu yang menempel di lereng bukit , sayang sekali tidak terfoto .. Salah satu yang saya alami, ketika sampai  diatas bukit, dada akan sedikit terasa sesak karena tekanan udara yang berbeda, namun setelah 10-15 menit pasti akan membaik.

Ketika turun ke kota, ada banyak tempat nongkrong di pinggir-pinggir pantai, dengan menu yang rata-rata olahan pisang pepe . ini jenis pisang yang katanya tumbuh subur di Pulau Sulawesi. Aku mencoba pisang coklat (pisang yang digoreng kotak-kotak dan ditaburi coklat serut serta susu coklat) . Pisang pepe ini pisang yang tak terlalu manis dan memiliki tekstur mirip-mirip dengan ketela ataupun kentang.

Kalo ngomongin makanan di Palu, kebanyakan masih seafood sih, tapi yang spesial itu , di setiap menu yang dipesan akan ditambahkan sejenis kuah sop yang dalamnya ada bihun putihnya, ini semacam teman makan nasi agar tidak tersedak.


Makanan favoriteku selama di Palu, yakni binte , sup jagung dengan jenis jagung yang berbeda dari jagung yang biasanya kukonsumsi di Jawa , lebih keras namun lebih manis. Ini lho bisa ngabisin separo porsi aja, rahang udah pegel banget ngunyahnya .

Terus ada lagi, es teler mereka sebutnya, tapi es ini berisi alpukat, trus ditutup dengan es serut yang dipadatkan di gelas, kemudian disiram susu kental manis dan topingnya kacang goyang .


 Sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata dan kuliner yang menarik, namun pas kesana dengan waktu yang mepet, jadinya belum bisa nyobain semua. Semoga dikasih kesempatan buat berkunjung kembali. 


3 komentar:

  1. Kenapa gk banyak masukin fotonya mba, syang banget loh, keren juga pemandangannya, seingat saya sih kalau keparalayang itu ada fila, nah naik kepuncak lagi tu mba, pemandangan nya keren banget loh, apa lagi kalo pagi'' trus foto disana, sumpah keren banget loh mba..

    BalasHapus