Travelling ke Karimun Jawa



Di awal Juli, dikala lini masa sedang ramai dengan piala dunia dan juga persiapan pemilu, eh dapat kesempatan buat mengunjungi salah satu pulau cantik di Indonesia. Yup, namanya Karimun Jawa.


Berhubung aku sendirian, paling aman sih memang menggunakan jasa travel agent , banyak banget kok di internet. Kisaran harga diantara 700 ribu- 2,5 juta . Tergantung dari fasilitas dan jenis trip yang diinginkan.

Oh iya, jasa travel ke Karimun Jawa ini pun rata-rata terhitung mulai dari Jepara, jadi apabila berdomisili di luar Jepara, biaya perjalanan kota asal-Jepara belum tercover. Tapi karena memang travel agent itu fleksible, biasanya mereka tetap mau kok andai diminta mengurus dari kota asal.

Aku berangkat dari Yogyakarta , menggunakan DayTrans Travel , pada jam 11 malam , karena memang estimasi perjalanan sekitar 6-6,5 jam . untuk mengejar penyebrangan ke Karimun Jawa menggunakan kapal feri pada jam 6 pagi . Harga tiket DayTrans 110 ribu .

Eh ternyata setelah sampai di Dermaga Pantai Kartini , ada pengumuman kalau kapal ferinya baru akan beroperasi pada hari senin, dikarenakan ombak tinggi sampai 3 meter. Padahal aku disitu pas hari sabtu, sayang kan kalo mau nunggu sampai senin, sayang juga kalo mau balik lagi ke Yogyakarta . Yasudah, demi melanjutkan hal yang memang sudah diniatin, berimprovisasilah dengan bergabung pada rombongan nekad yang menempuh penyebrangan dengan kapal kecil .

Kapal kecil ini sebenarnya kapal nelayan, dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, mungkin sekitar 30 orang , itupun kalau orangnya ditempatkan di atas dan juga depan. Perjalanan ditempuh dalam 7,5 jam dan menembus ombak yang besar pas di laut lepasnya . Aku mabuk laut di 2 jam terakhir, karena memang ini pertama kalinya perjalanan lama menggunakan perahu kecil.

Kapal pun bersandar di dermaga Legon Bajak, sekitar 30 km dari Karimun Jawa, dikarenakan kapal yang kami tumpangi tidak memiliki ijin untuk bersandar di Pelabuhan Karimun Jawa , dari situ dijemput mobil menuju ke Karimun jawa , sekitar 15 menit perjalanan.

Ada beberapa spot menarik yang dilewati,permukiman warga dengan pemandangan laut lepas, dan juga cagar mangrove, namun karena terlalu letih dan juga mabuk laut, terpaksa tidak bisa mencobanya.
Sampai di Karimun Jawa, sudah disediakan homestay yang lumayan nyaman, dalam satu rumah ada 2 kamar, Tapi 3 kasur, 3 kipas angin dan satu kamar mandi , oh iya sudah include sarapan. Harga homestay antara 60-80 ribu , tapi kalau sudah menggunakan paket travel, penginapan sudah termasuk.

Trip hari pertama

Tour guideku namanya Mas Daryo , dan trip hari pertama ini isinya snorkling , plus foto-foto underwater . Makan siang di Pulau Gleyang ,menu makan siangnya unik karena tour guide akan membawa bahan makanan dari Karimun jawa, kemudian berbarengan membakar ikan di setiap pulau yang dikunjungi. Oh iya,  disini ada Mudi, yang gemar sekali berjoged ketika diputarkan lagu dangdut dan juga suka di sawer, beserta Ibu Mursiyah yang memutuskan pindah dan hidup bersama Mudi di Pulau Gleyang sejak 2 tahun lalu.

trus menyore di Pulau Menjangan Kecil . Dimana kita bisa menikmati kelapa muda utuh sama gorengan sembari menikmati suasana menjelang sunset .


 Perjalanan ke setiap pulau yang ditempuh sekitar 10-20 menitan, dan perlengkapan snorkling sudah disediakan kok.

Trip hari kedua

Di hari kedua, hujan mengguyur dengan deras dari pagi dan baru berhenti di jam 11 an, sehingga trip cuma bisa dilakukan ke dua pulau, namanya Pulau Cemara Kecil . Makan siang seperti hari sebelumnya dan dilanjutkan bermain air serta snorkling di area sekitarnya . Ini pulau favorite ku, pulaunya kecil, jadi kalo pas ndak ada yang samaan jenis kelaminnya, bisa berasa paling cantik sepulau. Hihi..  Tapi pulau ini juga fotogenic sih .

Pulau berikutnya di Menjangan Besar , disini kita bisa foto bersama ikan-ikan hiu di penangkaran , sedikit menegangkan sih, tapi seru dan patut dicoba. Karena untuk membuat hiunya mendekat, harus dipancing dengan umpan (ikan kecil) , dan rasanya dikelilingi hiu itu... wow..



Kalau malam hari, untuk mencari tempat makan, satu-satunya pilihan adalah Alun-alun Karimun Jawa, kalo di daerah kita seluas lapangan bola warga sih. Ada banyak jenis makanan disana, tapi yang paling menarik sih lesehan seafood, di sisi paling utara alun-alun. Kebetulan juga ini warung milik ibu dari salah satu awak kapal yang menemani perjalanan setiap harinya. Harga makanan di alun-alun ini pun terjangkau kok.

Bagi yang kepengen nongkrong santai, ada juga cafe bernama Amor, venuenya langsung laut, dan menu makanan yang disajikan lebih ke barat-barat an ,hampir semua pengunjungnya bule. Kisaran harga menu antara 15 – 50 ribu .

Oleh-oleh

Biasanya memang tidak afdol kalau pulang dari berjalan-jalan tapi tidak membawa oleh-oleh , di alun-alun juga dijual beberapa oleh-oleh, ndak jauh-jauh dari gantungan kunci dari kerang, asbak dari kerang, kaos dan juga ikan kering. Untuk gantungan kunci sekitar 5 ribuan, tapi kalo beli 5 tinggal 20 ribu . Asbak 35 ribu dan kaos dari 50-100 ribu.

Perjalanan pulang,

Tidak ingin mengulang kejadian saat berangkat ke Karimun Jawa, sejak pukul 5 pagi, sudah standby di Pelabuhan Rakyat Karimun Jawa untuk mengantri tiket KMP Siginjai , kapal barang sekaligus penumpang untuk rute Karimun Jawa- Jepara . Padahal di jadwal, harusnya kapal berangkat jam 9 pagi, oleh karenanya sering-seringlah bertanya pada travel agent perihal perubahan jadwal. Harga tiket kelas bisnis 96 ribu dan ekonomi 42 ribu . Karena tiket bisnis sangat terbatas, aku dapatnya sih kelas ekonomi . waktu tempuh 6 jam. Sehingga sampai di Dermaga Pantai Kartini pas jam 12 siang .

Untuk kembali ke jogja , DayTrans yang Jepara-jogja terakhir jam 1 dan sudah full, diberi solusi untuk transit di Semarang , lama perjalanan Jepara-Semarang 1,5-2 jam dan sampai di Semarang, ternyata dioper ke Bus White Horse. Dengan lama perjalanan 4-5 jam.

Oh ya, menurut informasi yang terkumpul sih, Pulau Karimun Jawa paling ramah dikunjungi pada bulan Maret , September, Oktober . Setidaknya mengurangi kemungkinan-kemungkinan kurang menyenangkan yang  terjadi.

Info :
Travel agent yang saya gunakan :  Arief ( 082328499111)
DayTrans : Nih
Info transportasi dan trip di : Sini



6 komentar:

  1. bajigur gak ajak-ajak -

    -'Luwky'

    BalasHapus
  2. ngetrip #piyambakan asyiknya apa mbanop?

    BalasHapus
  3. Kerenn
    Dr dulu pengen ke karimunjawa belom kesampaian
    Tp kalau mau pake tour agak mls
    Hehe

    BalasHapus